Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kerelasian terhadap Loyalitas Pasien Laboratorium RSUD Umar Wirahadikusumah

Authors

  • Dika Rifky Fernanda Program Studi Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Winaya Mukti Author
  • Deden Komar Priatna Program Studi Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Winaya Mukti Author
  • Winna Roswinna Program Studi Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Winaya Mukti Author

Keywords:

Kerelasian, Kualitas Pelayanan, Laboratorium, Loyalitas

Abstract

Kesehatan merupakan hak mendasar yang dimiliki oleh seluruh manusia. Pemenuhan hak untuk sehat didapat dari lembaga pelayanan seperti rumah sakit yang menyediakan layanan secara menyeluruh bagi individu. Kualitas pelayanan serta pembentukan kerelasian yang baik oleh rumah sakit dapat menjadi penentu loyalitas yang muncul dari pengguna jasa terhadap penyedia pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh kualitas pelayanan dan kerelasian terhadap loyalitas pasien laboratorium RSUD Umar Wirahadikusumah. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dan verifikatif dengan pengumpulan data melalui kuisioner. Jumlah sampel sebanyak 96 pasien yang diambil dalam rentang waktu 2 minggu untuk menjaga variabilitas data. Data dianalisis dengan metode analisis jalur. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara umum kualitas pelayanan, kerelasian dan loyalitas pasien cenderung baik dengan adanya pengaruh positif yang signifikan antara kualitas pelayanan dan kerelasian terhadap loyalitas pasien baik secara simultan maupun parsial sebesar 72.7%. Untuk itu Rumah Sakit harus mampu memberikan kualitas pelayanan dan membangun kerelasian yang baik dengan pasien agar loyalitas dapat terbangun.

Downloads

Published

2024-10-25

Issue

Section

Articles