Kualitas Pelayanan Dan Harga Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Authors

  • Desy Nurul Fitria Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Wibawa Karta Raharja, Indonesia Author
  • Widiya Avianti Fakultas Ekonomi dan Bisnis , Universitas Winaya Mukti, Indonesia Author

Keywords:

Kualitas pelayanan, Harga, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan di percetakan JB Print Purwakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan survei. Instrument penelitian menggunaan kuesioner yang dibagikan kepada pelanggan percetakan JB Print, Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebanyak 245 responden, menggunakan teknik Non-Probability sampling dengan pendekatan  Sampling Insidential.  Pengolahan data menggunakan alat analisis SmartPLS 3.0. Hasil yang diperoleh dari nilai R Square sebesar 0,718 yaitu >0,67, hasil nilai yang kuat antara kualitas pelanggan dan harga terhadap kepuasan pelanggan. Hipotesis menunjukan bahwa secara parsial kualitas pelayanan berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan, dibuktikan dengan  hasil nilai T-statistik untuk variabel kualitas pelayanan sebesar  8.483. Pada variabel harga secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pelanggan, hal ini dibuktikan dengan hasil nilai  T-statistik untuk variabel harga sebesar 4.863. Penelitian ini menunjukan secara signifikan kualitas pelayanan dan harga berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan.

Downloads

Published

2024-10-25

Issue

Section

Articles