Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Serta Dampaknya Pada Kepercayaa Pasien (Suatu Survei Pada Pasien Di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih)

Authors

  • Dwi Komariastini Program Studi Magister Manajemen Kesehatan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Winaya Mukti Bandung Author

Keywords:

Kualitas Pelayanan Kesehatan, Kepuasan Pasien, Kepercayaan Pasien

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan serta dampaknya pada kepercayaan pasien di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan masukan bagi Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih dalam menyelenggarakan pelayanan kesehatan khususnya di Instalasi Rawat Jalan.

Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dan verifikatif. Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dengan menggunakan kuesioner disertai dengan teknik observasi dan kepustakaan, teknik pengambilan sampel menggunakan consecutive sampling dengan jumlah 100 orang. Pengumpulan data di lapangan dilaksanakan pada tahun 2024. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptip dan verifikatif (Analisis Jalur).

Hasil penelitian menunjukan bahwa secara umum persepsi pasien di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih  tentang kualitas pelayanan dengan rata-rata nilai 4,33 atau Sangat Baik (Sangat Kuat), kepuasan dengan rata-rata nilai 4,01 atau Baik (Kuat), dan kepercayaan pasien dengan rata-rata nilai 4,31 atau Sangat Baik (Sangat Kuat). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien sebesar 83,8%, pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepercayaan sebesar 74,1%, dan pengaruh kepuasan terhadap kepercayaan pasien sebesar 70,1%.

Downloads

Published

2024-10-25

Issue

Section

Articles