Pengaruh Customer Service Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada The Papandayan Hotel Bandung)

Authors

  • Toni Andriyono Author

Keywords:

Customer Service, Harga, Loyalitas, Pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Customer Service dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan pada The Papandayan Hotel Bandung.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif. Pengambilan sampel dilakukan melalui Simple Random Sampling terhadap 80 responden yang bersedia mengisi kuestioner secara lengkap. Analisis jalur digunakan untuk mengetahui pengaruh antar variabel baik secara simultan maupun parsial.

Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan baik secara simultan maupun secara parsial antara Customer Service dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan pada The Papandayan Hotel Bandung. Customer Service berpengaruh sebesar 18,4% dan Harga berpengaruh sebesar 34,5%, sehingga secara simultan Customer Service dan Harga berpengaruh sebesar 52,9% terhadap Loyalitas Pelanggan, sedangkan sisanya sebesar 47,1% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti.

Dapat disimpulkan bahwa semakin baik kualitas pelayanan yang diberikan oleh Customer Service serta kesesuaian harga dapat meningkatkan Loyalitas Pelanggan terhadap Perusahaan.

Downloads

Published

2024-10-25

Issue

Section

Articles