Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap  Kepuasan Konsumen Kuliner Dehenz Bandung

Authors

  • Cepi Hendi Sonjaya Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Winaya Mukti Author

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Produk, Kepuasan Konsumen

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pada tingginya persaingan bisnis kuliner yang ada di Kabupaten Bandung. Persaingan yang tinggi pada akhirnya memunculkan masalah yang sering dihadapi yakni perusahaan belum mampu memberikan kepuasan maksimal yang diharapkan oleh konsumen. Banyak cara yang dapat dicapai untuk meningkatkan kepuasan konsumen, diantaranya dengan memperhatikan faktor Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk yang diberikan oleh perusahaan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisis Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Kepuasan Konsumen serta Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen pada Usaha Kuliner DeHenz Coffee & Eatery, baik secara simultan maupun parsial. Metode penelitian yang digunakan adalah survey deskriptif dan survey eksplanatori, unit analisis dalam penelitian ini adalah penyebaran sampel pada 56 orang dengan Tipe investigasi causalitas, time horizon serta cross-sectional. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, dan Kepuasan Konsumen pada Usaha Kuliner DeHenz Coffee & Eatery dinilai baik, serta Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk secara simultan berpengaruh terhadap Kepuasan Konsumen sebesar 58,1%. Namun secara parsial Kualitas Produk lebih dominan mempengaruhi Kepuasan Konsumen sebesar 39,95% daripada Kualitas Pelayanan sebesar 18,15%. Karena Kualitas Produk lebih dominan mempengaruhi Kepuasan Konsumen maka diharapkan agar Usaha Kuliner DeHenz dapat memprioritaskan serta konsisten dalam hal peningkatan mutu, cita rasa dan standar kualitas produknya.

Downloads

Published

2025-03-25

Issue

Section

Articles