Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Serta  Implikasinya Pada Loyalitas Pelanggan

Authors

  • Ahmad Taufiq Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Winaya Mukti Author
  • Deden Komar Priatna Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Winaya Mukti Author
  • Feby Febrian Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Winaya Mukti Author

Keywords:

Harga, Kualitas Pelayanan, Kepuasan, Loyalitas

Abstract

Semakin maraknya pembangunan perumahan maka banyak pula pertumbuhan kegiatan usaha toko bangunan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui harga, kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan dan loyalitas, untuk mengetahui pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan secara simultan dan parsial serta untuk mengetahui pengaruh kepuasan terhadap loyalitas pelanggan pada toko bahan bangunan Tob Jaya Limbangan Kabupaten Garut. Kebarun penelitian ini yaitu kepuasan pelanggan yang baik tetapi jumlah pelanggan menurun dan adanya gap theory kepuasan pelanggan yang baik tetapi loyalitas pelanggan menurun. Metode penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner. Jumlah sampel sebanyak 50 pelanggan. Teknik analisis menggunakan teknik analisis jalur, uji hipotesis secara parsial dan simultan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan, kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan, secara simultan harga dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan dan kepuasan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan.

Downloads

Published

2025-03-25

Issue

Section

Articles