Penerapan Model Management Berbasis Lean Healtcare Untuk Meningkatkan Efisiensi Pelayanan Di Puskesmas Kiangroke Banjaran Kabupaten Bandung
Keywords:
Lean Healthcare, efisiensi pelayanan, waktu tunggu pasien, kepuasan pasien, Puskesmas KiangrokeAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model manajemen berbasis Lean Healthcare dalam meningkatkan efisiensi pelayanan di Puskesmas Kiangroke Banjaran Kabupaten Bandung. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan survei kepuasan pasien. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Lean Healthcare berhasil menurunkan waktu tunggu pasien dari 45 menit menjadi 30 menit dan meningkatkan tingkat kepuasan pasien sebesar 15%. Selain itu, penggunaan alat medis dan sumber daya lainnya menjadi lebih optimal. Namun, tantangan yang dihadapi mencakup keterbatasan fasilitas dan kebutuhan pelatihan staf dalam memahami prinsip Lean. Dengan dukungan kebijakan digitalisasi dari pemerintah, penerapan Lean Healthcare berpotensi dioptimalkan lebih lanjut untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan kesehatan di Puskesmas


.png)


