PENGUATAN DAYA SAING UMKM DESA SINDANGJAYA MELALUI INOVASI PRODUK SIKOJIT DAN STRATEGI BRANDING EFEKTIF

Authors

  • Herni Suryani Universitas Winaya Mukti Author
  • Rizki Rido Mulya Universitas Winaya Mukti Author
  • Agus Suparman Universitas Winaya Mukti Author
  • Asep Indra Universitas Winaya Mukti Author
  • Farhan Agus Gunawan Universitas Winaya Mukti Author
  • Fika Nur Fatmala Universitas Winaya Mukti Author
  • Samsul Bahtiar Universitas Winaya Mukti Author

DOI:

https://doi.org/10.51988/pfbhgb14

Keywords:

Branding, Desa Sindangjaya inovasi, Produk, UMKM

Abstract

Desa Sindangjaya masih menghadapi tantangan dalam meningkatkan perekonomian desanya. Salah satu kendala utama adalah rendahnya daya saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) lokal. Banyak UMKM di desa ini belum menyadari pentingnya branding sebagai alat untuk meningkatkan nilai jual produk mereka. Selain itu, potensi sumber daya lokal, seperti singkong, belum dioptimalkan menjadi produk olahan yang bernilai tambah. Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing UMKM di Desa Sindangjaya melalui pengembangan branding dan inovasi produk baru. Kegiatan yang dilakukan meliputi: (1) pembuatan branding dengan menciptakan merek, logo, dan kemasan yang menarik; dan (2) pengembangan produk olahan singkong berupa sikojit. Hasil dari kegiatan KKN ini menunjukkan adanya peningkatan kesadaran UMKM akan pentingnya branding. Melalui kegiatan workshop dan pendampingan, para pelaku UMKM mampu menciptakan identitas merek yang unik dan menarik. Selain itu, inovasi produk sikojit juga mendapatkan respon positif dari masyarakat. Produk ini dinilai memiliki potensi pasar yang cukup besar

Downloads

Published

2025-04-30

Issue

Section

Articles