PENGUATAN DAYA SAING UMKM DESA SINDANGJAYA MELALUI INOVASI PRODUK SIKOJIT DAN STRATEGI BRANDING EFEKTIF
DOI:
https://doi.org/10.51988/pfbhgb14Keywords:
Branding, Desa Sindangjaya inovasi, Produk, UMKMAbstract
Desa Sindangjaya masih menghadapi tantangan dalam meningkatkan perekonomian desanya. Salah satu kendala utama adalah rendahnya daya saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) lokal. Banyak UMKM di desa ini belum menyadari pentingnya branding sebagai alat untuk meningkatkan nilai jual produk mereka. Selain itu, potensi sumber daya lokal, seperti singkong, belum dioptimalkan menjadi produk olahan yang bernilai tambah. Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing UMKM di Desa Sindangjaya melalui pengembangan branding dan inovasi produk baru. Kegiatan yang dilakukan meliputi: (1) pembuatan branding dengan menciptakan merek, logo, dan kemasan yang menarik; dan (2) pengembangan produk olahan singkong berupa sikojit. Hasil dari kegiatan KKN ini menunjukkan adanya peningkatan kesadaran UMKM akan pentingnya branding. Melalui kegiatan workshop dan pendampingan, para pelaku UMKM mampu menciptakan identitas merek yang unik dan menarik. Selain itu, inovasi produk sikojit juga mendapatkan respon positif dari masyarakat. Produk ini dinilai memiliki potensi pasar yang cukup besar
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Toewijding : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


.png)


